Monday, September 21, 2020

CARA MEMBUAT FRAME DENGAN APLIKASI CORELDRAW X7

    Syalom selamat berjumpa kembali bersama saya “SA BELAJAR SA BERBAGI”, dilihat dari beberapa pengalaman saya ketika saya menjdi Panitia Pelaksana Penerimaan Anggota Baru, dimana saat itu susahnya membuat sertifikat apalagi sertifikat tersebut berkeinginan untuk membuatnya dengan hasil kreasinya kita sendiri. Bisa juga kita membelinya kertas yang sudah ada frame di toko tetapi lebih bagus karya sendiri. Maka itu saya berkeinginan untuk membagikan tips untuk cara membuat Bingkan atau Frame dengan CorelDraw 7, untuk langkah-langkah pembuatannya ikuti saja tutorial saya sampai habis.

Hal yang pertama teman-teman perlu persiapkan adalah Komputer atau leptop yang sudah terinstall Aplikasi CorelDraw entah itu versi berapa saja intinya hampir setiap versi CorelDRAW sama Prosesnya.


1.Kita Jalankan CorelDraw yang teman-teman sudah install dan buat document baru dengan cara seperti berikut ini.



2. Setelah itu ganti nama filenya dengan Name “BINGKAI SERTIFIKAT” ubah Size A4, Height 210,0 mm atau Lenscape, Primary Color Mode RGB, Rendering Resolution 300 dpi kemudian klik OK



3. Klik rectangle tool dobel untuk membuat suatu area kerja atau untu membuat kertas sampai terlihat seperti pada gambar dibwah ini.




4. Nah sekarang teman-teman perlu download Vintage Font di situs internet all-free-download.com atau di situs internet lainnya.




 

5. Sekarang pilih Text Tool kemudia kita akan pilih huruf  

6.  T besar dan t kecil untuk jadi ketika kita pilih font Vintage Font akan seperti pada gambar disamping ini. Jadi yang diatasnya itu dengan huruf t kecil sedangkan yang dibawah huruf T hufur besar, jadi kita akan gunakan huruf kecil untuk membuat frame atau bingkainya.
 

7. Tahapan selanjutnya kita akan letakkan di pojok kerta A4 data yang kita sudah buat tadi kemudian kita akan duplikat lagit hingga sampai ujung kertas, cara duplikatnya teman-teman tinggal tekan CTRL+D dan untuk luruskan teman-teman tandai semua setelah itu tekan huruf T otamatis akan lurus atas perhatikan gambar dibawah ini.



8. Setelah sudah selesai bagian atasnya kita duplikatnya menjadi dua dan kita letakkan dibagian bawah kertas. Untuk meluruskan dengan garis bagian bawah teman-teman perlu seleksi terlebih dahulu kemudia teman-teman tekan huruf B pada keyboard otomatis akan lurus dengan garis.



9. Pada tahap kali ini kita akan membuat bagian samping kiri dan kanannya, jadi untu cara membuatnya kita perlu duplikat salah satu dari nomor 7 tadi yang bagian atas atau bawah,
10. kemudian ubah rotasinya menjadi 90 persen.



 

11. Nah setelah sudah rapikan semuanya kemudian ubah warnah sesuai dengan keinginan teman-teman sekalian. Untuk kertas putih yang di tengah teman-teman pilih Rectangle Tool kemudia sesuaikan di tengah, jika ada kesulitan di letakkan di tenggah teman-teman seleksi kertasnya kemudia tekan tombol huruf P di keyboard akan rata tengah. Untuk lengkungan di pinggir kertas teman-teman pilih kertasnya kemudian pilih tool Scalloped corner.




12. Setelah sudah semua teman-teman tinggal masukkan teks yang teman-teman ingin masukkan kedalam frame atau bingkai yang teman-teman sudah buat tadi.




Sekian tutorial dari saya semoga bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian.

Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: