Friday, August 28, 2020

NELSON MANDELA MEMAAFKAN MUSUH

Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan, menulis kisah pribadi yang luar biasa:

Setelah saya menjadi presiden, suatu hari saya meminta beberapa anggota perlindungan dekat saya untuk berjalan bersama saya di kota, dan makan siang di salah satu restorannya. Kami duduk di salah satu restoran di pusat kota dan kita semua memesan makanan.

Setelah beberapa saat, pelayan membawa permintaan kami. Saya perhatikan ada seseorang yang duduk di depan meja saya menunggu makanan.

Saya mengatakan kepada salah satu tentara: Pergi dan minta orang itu untuk bergabung dengan kami dengan makanannya dan makan bersama kami. Tentara itu pergi dan bertanya kepada lelaki itu.
 Pria itu membawa makanannya dan duduk di sampingku ketika aku bertanya dan mulai makan. Tangannya gemetar terus-menerus sampai semua orang selesai makan dan lelaki itu pergi.

Tentara itu berkata kepada saya: Pria itu tampaknya cukup sakit. Tangannya bergetar saat dia makan
 "Tidak, tidak sama sekali," kata Mandela. "Pria ini adalah penjaga penjara tempat saya dipenjara. Seringkali, setelah penyiksaan yang saya alami, saya sering berteriak dan meminta sedikit air. Pria yang sama selalu datang setiap waktu dan buang air kecil di kepala saya sebagai gantinya. "

Jadi saya menemukannya ketakutan, gemetar, mengharapkan saya untuk membalas sekarang, setidaknya dengan cara yang sama, baik dengan menyiksanya atau memenjarakannya karena saya sekarang adalah Presiden Negara Afrika Selatan .

Tapi ini bukan karakter saya atau bagian dari etika saya.

Mentalitas pembalasan menghancurkan negara sedangkan mentalitas toleransi membangun negara.
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: