KEHADIRAN QRIS CROSS-BORDER MEMBANTU PENINGKATAN EKONOMI INDONESIA, PEMABYARAN SEMAKIN MUDAH, DAN TRANSAKSI SEMAKIN AMAN SAMPAI DILUAR NEGERI

 KEHADIRAN QRIS CROSS-BORDER MEMBANTU PENINGKATAN EKONOMI INDONESIA, PEMABYARAN SEMAKIN MUDAH, DAN TRANSAKSI SEMAKIN AMAN SAMPAI DILUAR NEGERI

A.    Definisi QRIS Cross-Border

Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahun saat ini memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam kehidupan masyarakat di seluruh Dunia. Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini sangat membantu kita dalam pekerjaan maupun dalam aktivitaas kita sehari-hari. Dengan adanya dorongan kebutuhan dan kemudahan, lahirlah berbagai inovasi teknologi hampir disetiap lini kehidupan, misalnya pada sector ekonomi, Pendidikan, keamanan, dan lain sebagainya.

Tentunya Negara Indonesia tak mau ketinggalan dalam persaingan kemajuan teknologi tersebut guna mensejahterahkan rakyatnya dan meningkatkan kemajuan ekonimi. Oleh karena itu, Bank Indonesia meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standard atau biasa disingkat menjadi QRIS, pada tangggal 17 Agustus tahun 2019.

Quick Response Code Indonesia Standard, yang disingkat menjadi QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. Adapun setiap penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR (termasuk PJSP asing) wajib menggunakan QRIS, seperti yang telah diatur dalam ketentuan Bank Indonesia dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Sementara itu, QRIS Cross Border merupakan salah satu fitur di dalam sistem pembayaran QRIS yang memungkinkan transaksi lintas negara menggunakan QR Code. 

QRIS Cross Border dapat menunjang pelaku bisnis di Indonesia untuk bisa bertransaksi lebih mudah dengan pelanggan internasional tanpa perlu menghadapi masalah biaya dan kompleksitas pembayaran lintas batas. Penggunaan sistem transaksi ini juga memberi keuntungan bagi UMKM karena biaya MDR yang lebih murah dibandingkan jika menggunakan sarana payment internasional.

Sistem pembayaran lintas batas negara melalui QR Code merupakan inisiasi dari Bank Sentral di ASEAN (negara di Asia Tenggara). Dalam mewujudkan QRIS Cross Border diperlukan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak terkait, mulai dari Bank Sentral, Penyedia Jasa Pembayaran, Asosiasi, dan lainnya.

Adanya QRIS Cross Border telah memudahkan keperluan transaksi Warga Negara Indonesia saat berada di negara-negara ASEAN yang menjalin kerja sama dengan Payment Connectivity (RPC). Begitupun bagi Warga Negara Asing seperti dari Malaysia dan Thailand yang sedang kunjungan ke Indonesia. Saat ingin melakukan pembayaran untuk berbagai kebutuhan di negara lain, transaksi bisa dilakukan cukup memakai ponsel dengan memindai QRIS.

Cara kerja QRIS Cross-Border sangat sederhana yakni pelanggan asing bisa melakukan pembelian di merchant Indonesia menggunakan aplikasi pembayaran dari neagra asal mereka. Aplikasi pembayaran yang digunakan harus yang sudah mendukung layanan pindai QRIS. Pelanggan tinggal scan QR Code yang disediakan oleh merchant dan pembayaran akan langsung diproses. 

QRIS Cross-Border dibagi menjadi 2 berdasarkan bentuknya, yaitu QRIS Statis dan QRIS Dinamis.

1.     QRIS Statis

QRIS Statis sering ditemui pada marchant skala Mikro dan Kecil.

·     Ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lain.

·     QR Code yang sama digunakan untuk setiap transaksi pembayaran.

·     Belum mengandung nominal pembayaran yang harus dibayar, sehingga memerlukan input jumlah nominal oleh nasabah.

·     Dapat dikirim oleh merchant kepada penggunauntuk dapat diunggah pada OCTO Mobile.

2.     QRIS Dinamis

Sedangkan QRIS Dinamis sering ditemui pada marchant skala Menengah dan Besar.

·     QR Code ditampilkan melalui struk yang dicetak melalui mesin EDC (Electronic Data Capture)/ditampilkan pada monitor dan non digital (struk EDC dan lain-lain)

·     QR Code yang berbeda dicetak untuk setiap transaksi pembayaran

·     QR Code telah mengandung nominal pembayaran yang akan dibayar.

B.    Manfaat QRIS

QRIS ini juga memberikan banyak manfaat, antara lain:

1.     Manfaat Bagi Pengguna Aplikasi Pembayaran

·       Cepat dan kekinian.

·       Tidak perlu repot lagi membawa uang tunai.

·       Tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang yang terpasang.

·       Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan dilindungi oleh Bank Indonesia.

2.     Bagi Pedagang

·       Penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima pembayaran berbasis apapun.

·       Meningkatkan merek.

·       Kekinian.

·       Lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS.

·       Mengurangi biaya pengelolaan kas.

·       Terhindar dari uang palsu.

·       Tidak perlu menyediakan uang kembalian.

·       Transaksi dicatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat.

·       Terpisahnya uang untuk usaha dan pribadi.

·       Memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kondisi dari pembukuan transaksi tunai.

·       Membangun informasi profil kredit untuk memudahkan memperoleh kredit kedepannya.

C.    Keamanan

Bagi pengguna QRIS tidak perlu kwatir dengan keamanan menggunakan QRIS, karena QRIS sangat aman terhadap apapun.

1.     Bagi Pengguna Aplikasi Pembayaran

·       Jaga kerahasiaan data Pribadi.

·       Sebelum melakukan pembayaran, pastikan terlebih dahulu bahwa nominal yang tertera pada layar aplikasi adalah benar dan sesuai dengan nilai transaksi.

2.     Bagi Pedagang

·       Periksa tampilan image QRIS pada saat pertama kali menerima dari PJP Acquirer dan secara berkala memeriksa tampilan image QRIS tersebut untuk menghindari penempelan tampilan image QRIS yang palsu dari pihak yang tidak berwenang/bertanggung jawab.

·       Periksa dan menguji kelancaran transaksi menggunakan tampilan image QRIS yang baru diterima dari PJP Acquirer.

·       Pastikan hanya menampilkan tampilan image QRIS yang berlaku dari PJP Acquirer yang bekerja sama dan berisikan data lengkap dan benar, serta memusnahkan tampilan image QRIS yang sudah tidak berlaku atau rusak.

·       Pastikan telah memiliki akses atas akunnya yang ada pada PJP Acquirer dengan siapa Merchant mempunyai hubungan kerja sama, dan melakukan pengecekan keakuratan akun beserta informasi data lainnya (misal: nama, nomor rekening, NMID dan lain-lain) pada aplikasi/sarana yang disediakan oleh PJP Acquirer atau rekanannya (Penyelenggara Penunjang - Payment Gateway).

·       Pastikan penerimaan konfirmasi keberhasilan transaksi pembayaran sebelum barang/jasa diberikan kepada Pengguna.

·       Dalam hal Merchant mengetahui bahwa namanya didaftarkan oleh PJP Acquirer yang Merchant tidak mempunyai hubungan kerja sama, maka Merchant dapat menghubungi PJP Acquirer tersebut dan meminta PJP Acquirer tersebut melakukan perbaikan dan melaporkan hal tersebut kepada Pengelola NMR sebagaimana mestinya.

·       Gunakan aplikasi resmi dari PJP Acquirer atau rekanan PJP Acquirer, perangkat yang digunakan bebas virus atau risiko siber lainnya serta mengkinikan fungsi keamanan secara berkala.

·       Jaga kerahasiaan data Pengguna.

·       Laporkan kepada PJP QRIS bersangkutan setiap adanya transaksi yang terindikasi atau terduga berhubungan dengan tindak kejahatan.

·       Terapkan prinsip-prinsip Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT), persaingan usaha yang sehat dan anti monopoli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

D.    Peran QRIS Cross-Border Dalam Mengeksplorasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Penggunaan pembayaran digital dengan QRIS Cross Border memiliki dampak positif yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berikut adalah beberapa peran yang berikan oleh QRIS Cross-Border dalam mengeksplorasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

1.     Dalam peningkatan akases keuangan

QRIS Cross-Border membantu meningkatkan akses ke layanan keuangan bagi banyak orang termasuk di daerah-daerah terpencil, serti wilayah Papua. Dengan lebih banyak orang yang memiliki akses ke pembayaran digital, potensi untuk meningkatkan transaksi bisnis dan aktivitas ekonomi meningkat secara keseluruhan.

2.     Dalam Eksport

Pelaku usaha lokal dapat dengan muda menjual produk dan layanan mereka ke pelanggan diluar Negeri melalui pembayaran digital dengan QRIS Cross-Border. Hal ini membuka peluang baru untuk meningkatkan ekspor dan meraih pangsa pasar Internasional.

3.     Dalam Biaya Transaksi

Dengan menggunakan kode QR yang sama untuk transaksi lintas Negara, biaya transaksi dapat dikurangi secara signifikan. Ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan profitablitas bisnis.

4.     Untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

QRIS Cross-Border memungkinkan UKM untuk berpartisipasi dalam perdagangan Internasional tanpa hambatan besar yang biasanya terkait dengan transaksi lintas Negara. Ini Membantu meningkatkan daya saing dan pertumbuhan sektor UKM di Indonesia.

Dengan kehadiran QRIS Cross-Border ini dapat mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan untuk peningkatan ekonomi di Indonesia, walaupun beberapa beberapa daerah terpencil belum bisa menggunakan QRIS Cross-Border, seperti di daerah Papua.

E.    Tanggapan Pengguna QRIS Cross-Border

Berikut ini adalah tanggapan yang diberikan oleh pengguna QRIS Cross-Border terhadap kegunaan dan manfaat dari QRIS Cross-Border.

1.     Pengguna Aplikasi

Simon Nokuwo (Anggota DPRD Kabupaten Dogiyai), pengguna Aplikasi Brimo: “Saya sangat senang menggunakan QRIS Cross-Border untuk berbelanja diluar di daerah maupun diluar daerah, karena QRIS Cross-Border cepat dan aman, tidak perlu repo-repot membawa uang tunai, tidak perlu pusing memikirkan kode QR siapa yang terpasang, terlindungi karena semua aplikasi yang menggunakan QRIS pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dan tentunya harga sangat terjangkau.”

2.     Pedagang

Yosep Kidou (Pemilik Toko Sembako di Kabupaten Nabire): “QRIS CrossBorder ini sangat membantu saya dalam meningkatkan potensi penjualan saya, karena proses transaksi menjadi lebih cepat, proses pembayarannya cepat, waktu bertransaksi berkurang, transaksi yang saya lakukan dapat lebih banyak, QRIS juga praktis hanya dengan satu kode QR, lebih murah, terhindar dari uang palsu dan transaksi dilakukan denga naman, dan tentunya membantu mencatat semua transaksi secara otomatis.”

F.    Kesimpulan

Untuk menghindari berbagai kendala, dengan hadirnya QRIS Cross-Border diantara kita, masyarakat tidak perlu membawa dompet kemana-mana, sebab dengan menggunakan handphone di genggaman maka pembayaran dapat dilakukan selama saldo uang masih ada di rekening bank. Jika dompet hilang atau dicuri orang, maka uang didalam dompetpun ikut hilang. Kalau menggunakan QRIS makan handphone hilang atau dicuri orang, uang tetap aman dan tidak hilang. “QRISnya satu, menangnya banyak!”QRISnya satu, menangnya banyak!”

“participant of BI Digital Content Competition 2023”

 

Cetak

Cetak Artikel

Bagikan

Related Posts :

0 Response to "KEHADIRAN QRIS CROSS-BORDER MEMBANTU PENINGKATAN EKONOMI INDONESIA, PEMABYARAN SEMAKIN MUDAH, DAN TRANSAKSI SEMAKIN AMAN SAMPAI DILUAR NEGERI"