Tuesday, October 26, 2021

TIDAK ADA BASIC KOMPUTER MASUK INFORMATIKA

 TIDAK ADA BASIC KOMPUTER MASUK INFORMATIKA

Foto dokumentasi Penulis

 

    Tidak ada basic computer Ambil jurusan Informatika atau yang berhubungan dengan Komputer, ini yang menjadi pertanyaan mendasar dari teman-teman mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan lanjut di perguruan tinggi yang merekan inginkan, di artikal ini saya akan menjelaskan sedikit sesuai dengan pengalaman saya.

Saya "Fransiskus Degei" yang kesehariaanya sering di panggil dengan banyak sekali nickname atau nama panggilan misalnya, Frans, Memau. Boss, Pegai, dan ada lagi yang menyebutku 'Guru', saya selesai dari Sekolah menengah Atas Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Gereja-Gereja Injili di tanah Papua (SMA YPPGI Nabire) pada tahun 2014, dan pada tahun 2014 disitulah saya lanjut kuliah dengan penuh tanda tanya (?) akan ambil apa ee jurusannya ? Oke saya cerita dulu keadaan SMA saya, SMA saya itu terletak di pusat Kota Nabire tepatnya di Jalan Soroja Tanojo Karang Mulia Nabire-Papua, di sekolah itu belum ada Personal Computer (PC) apa lagi leptop, mungkin ada cuman itu milik pribadi guru-guru sekolah nah jaman itu kami sangat susah sekali, kami bisa main komputer ketika kami pergi ke Warnet, Tapi kami ke warnet juga untuk main Facebook. dan lainnya. 

Pada suatu hari saya di kasih pinjam Leptop sama Orang jadi saya buka Game Zuma dan malamnya saya main-main kira-kira jam 3:00 pagi mungkin saya salah tekan tombol sehingga layarnya terbalik. Oh Tuhan saya takut sekali, bugusnya leptop itu milik orang yang dekat dengan saya 

Nah ketika saya di tanyai oleh beberapa senior dari Gorontalo Oleh Bung Agustinus Keiya, S.Akun bahwa adik mau ambil jurusan apa ? 

Saya menjawab kaka saya mau ambil Jurusan Pendidikan dan Jasmani' trus kaka menjelaskan demikian adik untuk Jurusan Penjas ada di kampus Universitas Negeri Gorontalo tapi itu harus membawa Ijazah SMA Asli, nah dari situ saya bilang kaka untuk Ijazah asli saya belum bawah karena dari sekolah mereka kasih hanya Ijazah sementara, terus kaka Balas manjawabnya, adik ada jurusan lain yang adik mau ka ? 

Dari pertanyaan itu Muncul Masalah Komputer yang saya pernah alami waktu sekolah, jadi saya bilang sama kaka, Kak saya mau lanjut di Komputer, kaka langsung respon ada Jurusan Komputer di kampus saya Universitas Ichsan Gorontalo, jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Teknik Informatika, Oke kak saya ambil jurusan itu saja.


    Dan singkat cerita saya ambil jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Teknik Informatika, Walaupun saya belum mempunyai basik di Komputer saya ambil keputusan untuk lanjut kuliah di Ilmu Komputer.

    Di beberapa bulan pertama saya kaku dengan dunia komputer, dan saya lebih senang ketika kita belajar di LAB Komputer, karena mau utak-atik Komputer di LAB. dan lama kelamaan saya bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman dari satu jurusan yang basiknya mereka ada Komputer dan Jaringan.

Pertama :
            Kamu harus punya Leptop atau Komputer sendiri untuk belajar di rumah 

Kedua  :
            Apakah kamu siap atau tidak untuk belajar dan bersaing dengan teman-teman kamu di kampus yang satu jurusan dengan kamu. dan kamu harus percaya diri dan kemudian tekad yang kuat.

Ketiga:
            Jangan pernah bosan untuk bertanya kepada dosen, kepada teman-teman kamu yang kamu merasa ia paham, dan lebih banyak cari referensi dari internet atau bila perlu kamu beli buku tentang komputer

Dan keempat :
            Apapun tugasnya dari kampus usahan kamu harus kerjakan sendiri dari rumah, bisa kamu lakukan dengan cara amati tiru dan modifikasi

Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: