USE CASE AND SCENARIO

NAMA : FRANSISKUS DEGEI
NIM : T3114022
TUGAS : ANALISIS SISTEM BERORIENTASI OBJEK
JUDUL TUGAS : APLIKASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN


  1. Pengertian use case diagram
Apa itu use case diagram ? Diagram Use Case atau Use Case Diagram adalah pemodelan untuk menggambarkan behavior / kelakuan sistem yang akan dibuat. Use case diagram menggambarkan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat. Secara sederhana, diagram use case digunakan untuk memahami fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan siapa saja yang dapat menggunakan fungsi-fungsi tersebut.

Menurut Rosa dan Salahudin use case digram tidak menjelaskan secara detail tentang penggunaan tiap use case, namun hanya memberi gambaran singkat hubungan antara use case, aktor, dan sistem. Melalui use case diagram kita dapat mengetahui fungsi-fungsi apa saja yang ada pada sistem (Rosa-Salahudin, 2011: 130).

Adapun syarat penamaan pada use case digram sendiri adalah nama didefinisikan sesederhana mungkin sehingga bisa dipahami. Ada dua hal utama pada use case yaitu pendefinisian apa yang disebut aktor dan use case.
  • Use case merupakan fungsionalitas yang disediakan sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau aktor
  • Aktor adalah orang atau system lain yang berinteraksi dengan system yang akan dibuat, jadi meskipun simbol dari aktor adalah gambar orang tapi aktor belum tentu merupakan orang.


  1. Use case
http://1.bp.blogspot.com/-IvjICBUAT1Q/U5KBg1CpXpI/AAAAAAAAAEg/ybuwGLsPguI/s1600/usecase.png


SELENGKAPNYA BISA DI DOWNLOAD FILE PDF


Cetak

Cetak Artikel

Bagikan

Related Posts :

0 Response to "USE CASE AND SCENARIO"